Sabtu, 17 Januari 2015

Tugas 7 pengenalan jendela MS.Excel


ELEMEN-ELEMEN DASAR JENDELA KERJA MICROSOFT EXCEL

A. ELEMEN-ELEMEN DASAR JENDELA KERJA MICROSOFT EXCEL
  1. Baris Judul (Tittle Bar), bagian ini berisi nama file dan nama program aplikasi yang sedang kita aktifkan.
  2. Baris Menu (Menu Bar), bagian ini berisi barisan perintah berupa menu, seperti menu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window dan Help.
  3. Baris Toolbars (Toolbars), bagian ini berisi tombol-tombol yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah, khususnya perintah-perintah yang sering digunakan.
  4. Tombol Ukuran (Sizing Button), bagian ini berisi tombol-tombol untuk mengatur ukuran jendela kerja Microsoft Excel.
  5. Task Pane, bagian ini merupakan bagian yang akan membantu kita pada saat mwnyunting (mengedit) lembar kerja. Jendela task Pane ini akakn ditampilkan secara otomatis dan isinya menyesuaikan dengan pekerjaan yang sedang kita lakukan.
  6. Baris Penggulung Tegak (Vertical Scroll Bar), bagian ini ditujukan untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah.
  7. Baris Penggulung Mendatar (Horizontal Scroll Bar), bagian ini ditujukan untuk menggeser layar ke kanan atau ke kiri.
  8. Baris Rumus (Formula Bar), bagian ini akan menampilkan informasi mengenai isi sel yang sedang aktif di lembar kerja.
B. Kegunaan Microsoft Excel
        Membuat tabel
        Membuat grafik
        Penghitungan rumus
        Membuat daftar gaji
        Laporan keuangan
        Dan lain-lain.

C. Langkah-langkah Menggunakan Microsoft Excel
        Buka Ms.Excel
            start → All programs → Microsoft Excel
        Tentukan Page Setup
            Jika di cetak sesuai dengan kertas yang kita inginkan
        Tentukan Jenis dan ukuran Huruf
            yang akan digunakan

D. WORKSHEET (Lembar Kerja) Microsoft Excel
  1. Workbook
            terdiri dari 1 - 255 SHEET
  1. Sheet/ Worksheet
            terdiri dari:
            ☻256 KOLOM diwakili oleh huruf (A, B, C,…, AA,…,IV)
            ☻65536 BARIS diwakili oleh angka (1, 2, 3, …, 65536)
  1. Column/ Judul Kolom
                        Kolom terdiri dari A – IV ,
                        lebar kolom maksimal 255.
  1. Row/ Judul Baris
                        Baris terdiri dari 1 – 65536,
                        lebar baris maksimal 409.
  1. Cell/ Sel
                        Pertemuan antar kolom
                        dengan baris.
                        Misal : B1 berarti kolom B dan baris ke-1
  1. Range/ sekumpulan sel/ cell group
                        Misal: D2:D8, F2:G4, dan sebagainya.
  1. Sel Aktif
                        Sel yang ditunjuk oleh pointer
  1. Alamat Sel, ada 3 macam:
                        Relative/ Sel Bebas
                                    Contoh: A1, A1:B5
                        Semi Absolut
                                    Contoh: $A1, A$1
                        Absolut
                                    Contoh: $A$1, $A$1:$B$5

E. OPERATOR MATEMATIK
OPERATOR MATEMATIK
SIMBOL
KEGUNAAN
CONTOH PENGGUNAAN
^
Pemangkatan
5^2
B2^2
B2^C2
*
Perkalian
10*5
A1*5
A1*B1
/
Pembagian
30/5
C2/5
C2/D2
+
Penambahan
15+24
A5+24
A5+B5
-
Pengurangan
160-20
D2-20
D2-E2

Pengenalan Dasar Excel: Apa itu Excel
Microsoft office excel atau yang sering disingkat excel adalah sebuah program aplikasi berbentuk lembar kerja (spreadsheet) yang dibuat oleh perusahaan Microsoft Corporation dan kompatibel untuk program aplikasi Microsoft Windows dan Mac OS. Bentuknya yang berupa lembar kerja (terdiri dari kolom dan baris), memudahkan kita untuk memasukkan data dalam bentuk tabular.

Microsoft Excel di lengkapi dengan berbagai macam fitur yang dapat digunakan dalam prosesing data, seperti fitur untuk membuat tabel, grafik, fungsi formula (rumus) dasar: seperti penjumlahan; pengurangan; perkalian; pembagian; perhitungan rata-rata; dll, hingga rumus-rumus yang sifatnya aplikatif, seperti: financial; matematika dan trigonometr;, statisti;, engineering, dan masih banyak lagi fitur yang lainnya.
Pengenalan Dasar Microsoft Excel: Bagian-bagian Excel
Tampilan Microsoft excel berbeda-beda menurut masing-masing versi rilisnya, excel 2003 berbeda denagan tampilan excel 2007 dan 2010. Namun secara umum, tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan kecuali penambahan dan pengurangan fitur pada masing-masing versinya.

keterangan ganbar
  1. Column, adalah ruang vertikal dalam lembar kerja. Pada excel, nama column disimbolkan dengan “huruf kapital”. Nama column pada contoh gambar (b) adalah “column C”,
  2. Row, adalah ruang horizontal dalam lembar kerja. Pada excel, nama row disimbolkan dengan “angka”. Nama row pada contoh gambar (b) adalah “row 4”,
  3. Cell, adalah unit terkecil dari worksheet yang merupakan pertemuan (intersection) antara column dan row. Cell dapat diisi dengan data bertipe angka, teks, mata uang, peresen, dll. Nama cell pada contoh gambar (b) adalah “cell C4”. Kumpulan dari beberapa cell disebut worksheet dan kumpulan dari beberapa worksheet disebut workbook,
  1. Title Bar, adalah bagian yang menampilkan nama workbook yang sedang dibuka, secara default nama workbook mengikuti nama yang diketikkan pada saat workbook tersebut disimpan atau disave. Pada contoh gambar (b), nama workbook adalah “Tutorial”.
  2. Menu Program, adalah bagian yang menampilkan deretan program yang disediakan oleh Microsoft Excel. Secara default, menu program yang ditampilkan adalah: Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View.
  3. Ribbon, adalah bagian yang berada dibawah menu program, yang tampil ketika menu program di klik. Ribbon berisi berbagai macam fungsi yang di sediakan oleh Microsoft excel, seperti: copy, cut, paste, table, dll.
  4. Show Quick Acces Toolbar, adalah bagian yang berisi berbagai macam fungsi excel, yang sering digunakan. Menu yang dapat ditampilkan pada Show Quick Acces Toolbar dapat diatur sesuai keinginan dan kebutuhan anda. Keunggulannya adalah, fungsi-fungsi yang ada pada Show Quick Acces Toolbar tersebut, sangat mudah untuk dijangkau, sehingga dapat mengefisienkan waktu pekerjaan.
  5. Office Button, adalah tombol yang merupakan akses ke beberapa perintah lain, seperti New, Open, Print, save, save as, publish, pada tombol ini juga, anda dapat mengatur opsi dari program excel yang anda jalankan, yaitu dengan cara arahkan kursor ke icon office button, klik kiri, lalu pilih perintah excel option. Setelah itu anda akan disajikan kotak dialog berisi beberapa settingan dari program excel.

  1. Name Box, adalah kotak yang berisi nama cell, contoh pada gambar (b) menunjukkan nama cell-nya adalah “C4”. Bila dibutuhkan, nama cell dapat diubah sesuai dengan keinginan Anda, yaitu dengan cara: klik “formula” pada title bar ? klik “define name” pada ribbon ? kotak dialog akan muncul, lalu pada kolom “name” tuliskan nama cell yang baru ? klik OK.

  1. Formula Bar, adalah kolom yang menginformasikan isi atau nilai dari suatu cell, baik itu berupa angka, teks, ataupun berupa formula atau rumus yang diaplikasikan pada cell tersebut.
  2. Sheet Tab Scroll Button, adalah tombol yang digunakan untuk menggulung halaman sheet tab untuk menmpilkan sheet tab lainnya.
  3. Status Bar, adalah bagian yang menunjukkan status worksheet saat ini.
  4. Worksheet Tab, adalah bagian yang menunjukkan nama woksheet yang sedang aktif. Secara default, worksheet yang diberikan oleh Microsoft excel berjumlah 3 lembar, masing-masing dengan nama: “sheet 1”, “sheet 2” dan “sheet 3”. Worksheet tersebut dapat diubah namannya, ditambah, dihapus, dicopy atau diduplikasi. Prosedurnya adalah sebagai berikut:



  1. View Button, adalah fitur yang digunakan untuk mengubah tampilan worksheet sesuai dengan keinginan anda, apakah dalam tampilan normal, page layout, atau page break preview.
  2. Zoom Control, adalah bagian yang digunakan untuk memperbesar (zoom in) atau memperkecil (zoom out) tampilan worksheet.
  3. Horizontal Scrol Bar, untuk menggeser sheet secara horizontal.
  4. Vertical Scroll Bar, untuk menggeser sheet secara vertikal.
  5. Window Navigation, untuk meminimize (meminimalkan tampilan), restore (mengembalikan tampilan menjadi lebih besar atau lebih kecil) dan menutup tampilan window.
  6. Application Navigation, untuk meminimize (meminimalkan tampilan), restore (mengembalikan tampilan menjadi lebih besar atau lebih kecil) dan menutup tampilan program excel secara keseluruhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar