Format Numerik Kustom untuk Fungsi FORMAT (DAX)
Ekspresi format yang ditetapkan pengguna untuk angka mulai dari satu hingga tiga bagian dipisahkan dengan titik koma. Jika argumen Gaya pada fungsi Format berisi salah satu format numerik yang telah ditetapkan, maka hanya satu bagian yang dibolehkan.
Artikel ini menguraikan fungsi di dalam Data Analysis Expressions (DAX), rumus bahasa ekspresi yang digunakan untuk menentukan perhitungan di Power Pivot di Excel. Banyak fungsi DAX memiliki nama yang sama dan berperilaku mirip seperti fungsi Excel; namun, fungsi DAX hanya bisa digunakan dalam rumus DAX.
Jika Anda menggunakan
Ini adalah hasil
Hanya satu bagian
Ekspresi format diterapkan untuk semua nilai.
Dua bagian
Bagian pertama diterapkan untuk nilai positif dan nol; bagian kedua diterapkan untuk nilai negatif.
Tiga bagian
Bagian pertama diterapkan untuk nilai positif, bagian kedua diterapkan untuk nilai negatif, dan bagian ketiga diterapkan untuk nol.

Isi artikel

Spesifikasi Format
Keterangan

Spesifikasi Format

Tabel berikut berisi karakter yang dapat Anda gunakan untuk membuat format angka yang ditetapkan pengguna.
Spesifikasi format
Deskripsi
Tidak ada
Menampilkan angka tanpa format.
0 (karakter nol)
Pengganti digit. Menampilkan digit atau nol. Jika ekspresi berisi digit pada posisi munculnya nol dalam string format, maka akan menampilkan digit; atau menampilkan nol pada posisi tersebut.
Jika bilangan berisi lebih sedikit digit dibandingkan nol (pada salah satu sisi desimal) dalam ekspresi format, maka nol akan muncul di bagian awal atau akhir. Jika bilangan berisi lebih banyak digit di kanan pemisah desimal dibandingkan nol di kanan pemisah desimal dalam ekspresi format, maka bilangan akan dibulatkan ke sebanyak tempat desimal nol. Jika bilangan berisi lebih banyak digit di kanan pemisah desimal dibandingkan nol di kiri pemisah desimal dalam ekspresi format, maka digit ekstra ditampilkan tanpa modifikasi.
#
Pengganti digit. Menampilkan digit atau kosong. Jika ekspresi berisi digit pada posisi munculnya karakter # dalam string format, maka akan menampilkan digit; atau tampilan akan kosong pada posisi tersebut.
Simbol ini berfungsi seperti pengganti digit 0, kecuali nol di bagian awal dan akhir tidak ditampilkan jika bilangan berisi lebih sedikit digit dibandingkan karakter # di kedua sisi pemisah desimal dalam ekspresi format.
. (karakter titik)
Pengganti desimal. Pengganti desimal menentukan jumlah digit yang ditampilkan di kiri dan kanan pemisah desimal. Jika ekspresi format hanya berisi karakter # di kiri simbol ini; maka angka yang lebih kecil dari 1 dimulai dengan pemisah desimal. Untuk menampilkan nol di bagian awal yang ditampilkan dengan bilangan pecahan, gunakan nol sebagai pengganti digit pertama di kiri pemisah desimal. Pada lokal tertentu, koma digunakan sebagai pemisah desimal. Karakter sebenarnya yang digunakan sebagai pengganti desimal dalam output yang diformat akan tergantung pada format bilangan yang dikenali sistem Anda. Karenanya, Anda harus menggunakan titik sebagai pengganti desimal pada format tersebut meskipun dalam lokal yang menggunakan koma sebagai pengganti desimal. String yang diformat akan muncul dalam format yang benar untuk lokal tersebut.
%
Pengganti persen. Mengalikan ekspresi dengan 100. Karakter persen (%) disisipkan di posisi yang akan membuatnya muncul dalam string format.
, (karakter koma)
Pemisah ribuan. Pemisah ribuan akan memisahkan ribuan dari ratusan dalam bilangan yang berisi empat tempat atau lebih di kiri pemisah desimal. Penggunaan standar pemisah ribuan akan ditentukan jika format berisi pemisah ribuan yang dikelilingi pengganti digit (0 atau #).
Pemisah ribuan tepat di kiri pemisah desimal (baik desimal ditentukan maupun tidak) atau sebagai karakter paling kanan dalam string adalah "skalakan bilangan dengan membaginya dengan 1.000, bulatkan seperlunya". Bilangan yang lebih kecil dari 1.000 namun lebih besar atau sama dengan 500 akan ditampilkan sebagai 1, dan bilangan yang lebih kecil dari 500 akan ditampilkan sebagai 0. Skalakan dua pemisah ribuan yang berdekatan dalam posisi ini dengan faktor 1 juta, lalu faktor tambahan 1.000 untuk masing-masing pemisah tambahan.
Beberapa pemisah pada posisi mana pun selain tepat di kiri pemisah desimal atau posisi paling kanan dalam string akan dianggap sebagai penentu penggunaan pemisah ribuan. Pada lokal tertentu, titik digunakan sebagai pemisah ribuan. Karakter sebenarnya yang digunakan sebagai pemisah ribuan dalam output yang diformat akan tergantung pada Format Bilangan yang dikenali sistem Anda. Karenanya, Anda harus menggunakan koma sebagai pemisah ribuan pada format tersebut meskipun dalam lokal yang menggunakan titik sebagai pemisah ribuan. String yang diformat akan muncul dalam format yang benar untuk lokal tersebut.
Misalnya, pertimbangkan tiga string format berikut:
"#,0.", yang menggunakan pemisah ribuan untuk memformat bilangan 100 juta sebagai string "100,000,000".
"#0,.", yang menggunakan skala faktor seribu untuk memformat bilangan 100 juta sebagai string "100000".
"#,0,.", yang menggunakan pemisah ribuan dan skala seribu untuk memformat bilangan 100 juta sebagai string "100,000".
: (karakter titik dua)
Pemisah waktu. Pada lokal tertentu, karakter lain mungkin akan digunakan untuk menunjukkan pemisah waktu. Pemisah waktu akan memisahkan jam, menit, dan detik bila nilai waktu diformat. Karakter sebenarnya yang digunakan sebagai pemisah waktu dalam output yang diformat akan ditentukan pengaturan sistem Anda.
/ (karakter garis miring)
Pemisah tanggal. Pada lokal tertentu, karakter lain mungkin akan digunakan untuk menunjukkan pemisah tanggal. Pemisah tanggal akan memisahkan hari, bulan, dan tahun bila nilai tanggal diformat. Karakter sebenarnya yang digunakan sebagai pemisah tanggal dalam output yang diformat akan ditentukan pengaturan sistem Anda.
E- , E+ , e- , e+
Format ilmiah. Pada ekspresi format yang berisi minimal satu pengganti digit (0 atau #) di kiri E-, E+, e-, atau e+, maka bilangan akan ditampilkan dalam format ilmiah dan E atau e disisipkan antara bilangan dan eksponen. Jumlah pengganti digit di kiri akan menentukan jumlah digit dalam eksponen. Gunakan E- atau e- untuk menyisipkan tanda minus di sebelah eksponen negatif. Gunakan E+ atau e+ untuk menyisipkan tanda plus di sebelah eksponen positif. Anda juga harus menyertakan pengganti digit di kanan simbol ini untuk mendapatkan format yang benar.
- + $ ( )
Karakter literal. Karakter tersebut akan ditampilkan tepat sesuai yang diketik dalam string format. Untuk menampilkan karakter selain yang tercantum dalam daftar, awali dengan garis miring terbalik atau sisipkan dalam tanda kutip ganda (" ").
\ (karakter garis miring terbalik)
Menampilkan karakter berikutnya dalam string format. Untuk menampilkan karakter yang memiliki arti khusus sebagai karakter literal, awali dengan garis miring terbalik (\). Garis miring terbalik tersebut tidak akan ditampilkan. Menggunakan garis miring terbalik sama seperti menyertakan karakter berikutnya dalam tanda kutip ganda. Untuk menampilkan garis miring terbalik, gunakan dua garis miring terbalik (\\).
Contoh karakter yang tidak dapat ditampilkan sebagai karakter literal adalah karakter format tanggal dan format waktu (a, c, d, h, m, n, p, q, s, t, w, y, /, dan :), karakter format numerik (#, 0, %, E, e, koma, dan titik), serta karakter format string (@, &, <, >, dan !).
"ABC"
Menampilkan string dalam tanda kutip ganda (" "). Untuk menyertakan string pada argumen gaya dari dalam kode, Anda harus menggunakan Chr(34) untuk menyisipkan teks (34 adalah kode karakter untuk tanda kutip (")).
Tabel berikut berisi beberapa ekspresi format sampel untuk bilangan. (Semua contoh ini mengasumsikan bahwa pengaturan lokal sistem Anda adalah English-U.S.) Kolom pertama berisi string format untuk fungsi Format; kolom lain berisi output hasil jika data yang diformat berisi nilai yang ditetapkan pada judul kolom.
Format (Gaya)
"5" diformat sebagai
"-5" diformat sebagai
"0.5" diformat sebagai
"0" diformat sebagai
String panjang nol ("")
5
-5
0.5
0
0
5
-5
1
0
0.00
5.00
-5.00
0.50
0.00
#,##0
5
-5
1
0
$#,##0;($#,##0)
$5
($5)
$1
$0
$#,##0.00;($#,##0.00)
$5.00
($5.00)
$0.50
$0.00
0%
500%
-500%
50%
0%
0.00%
500.00%
-500.00%
50.00%
0.00%
0.00E+00
5.00E+00
-5.00E+00
5.00E-01
0.00E+00
0.00E-00
5.00E00
-5.00E00
5.00E-01
0.00E00
"$#,##0;;\Z\e\r\o"
$5
$-5
$1
Nilai